OLIMPIADE - Temperatur di Pyeongchang

Temperatur di Pyeongchang Pecahkan Rekor Suhu Terdingin dalam Sejarah Olimpiade Musim Dingin Digelar

Temperatur di Pyeongchang Pecahkan Rekor Suhu Terdingin dalam Sejarah Olimpiade Musim Dingin Digelar

Tentu saja, karena dinamakan olimpiade musim dingin, maka Olimpiade Musim Dingin 2018 yang digelar di Pyeongchang, Korea Selatan diselenggarakan di mana suhu menurun drastis dan salju kerap turun di berbagai tempat.

Hanya saja menurut banyak pengamat yang datang ke Pyeongchang, suhu di Olimpiade Musim Dingin 2018 ini dapat dikatakan paling ekstrem atau paling dingin dibandingkan dengan olimpiade-olimpiade musim dingin sebelumnya.

Menurut orang-orang yang datang, baik sebagai atlet, sebagai jurnalis atau pendukung tim suatu negara, temperatur suhu di Pyeongchang sudah jatuh terlalu dalam di bawah titik beku. Bahkan ada yang mengatakan bahwa olimpiade kali ini adalah yang terdingin sejak 20 tahun terakhir.

Catatan rekor olimpiade musim dingin dengan temperatur paling rendah terjadi pada tahun 1994 silam di Lillehammer, Norwegia yang mana suhunya turun sampai -11 derajat Celcius dan rekor itu terpecahkan di Korea Selatan.

5 hari sebelum dibukanya Olimpiade Musim Dingin 2018 itu, temperatur sudah jatuh pada titik -15 derajat Celcius dan terus mengalami penurunan sampai sekarang. Banyak orang yang mengeluhkan akan tempat digelarnya pertandingan (indoor) tidak dibuat agar dapat menghambat udara hangat keluar dengan cepat.

“Anginnya sangat buruk dan membuat Anda semakin kedinginan. Jika Anda berjalan berkeliling perkampungan olimpiade, maka hal itu adalah sesuatu yang bodoh untuk dilakukan karena saat itu terasa seperti sedang mengitari neraka,” ungkap seorang atlet skeleton atau tobogganing dari Kanada.

“Hal ini menjadi sangat lucu karena sebelumnya kita yang berasal dari Kanada mengatakan akan memanfaatkan suhu dingin tersebut (untuk memenangi pertandingan) dan sekarang justru kita kedinginan karena tidak pernah menjumpai temperatur seperti ini.”

Memang ada kenaikan temperatur ketika siang hari atau saat matahari menampakkan dirinya, namun ketika matahari sudah tenggelan dan jika ada angin berhembus, maka temperatur di Pyeongchang akan mampu menyakitkan sekali.
Dikarenakan hal itulah, ketika acara pembukaan Olimpiade Musim Dingin 2018 kemarin digelar, ratusan atlet dari berbagai negara memutuskan untuk tetap tinggal di basecamp karena tidak kuat dengan hawa dingin sekitar.

-DA-

gol88 gol88

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

-->