bendera amerika ah

NFL dan Asosiasi Pemain NFL Keluarkan Kebijakan Baru Mengenai Lagu Kebangsaan

NFL dan Asosiasi Pemain NFL Keluarkan Kebijakan Baru Mengenai Lagu Kebangsaan

Organisasi NFL dan Asosiasi Pemain NFL atau NFLPA, mengeluarkan sebuah pernyataan bersama yang menyebutkan bahwa tidak ada perubahan pada sikap mereka tentang protes yang dilakukan pemain NFL pada sesi dan selama lagu kebangsaan Amerika Serikat dikumandangkan di sebelum pertandingan NFL.

Namun buah dari kebijakan itu membuat Presiden Amerika Serikat, Donald Trump berang dan menuliskan sebuah pernyataan melalui akun media sosial pribadinya. Padahal beberapa waktu sebelumnya Presiden ke-45 Amerika Serikat tersebut sempat memuji jajaran oraganisasi NFL karena memaksa para pemain untuk berdiri dan membela lagu kebangsaan yang berjudul The Star-Spangeld Banner.

Dalam cuitan di media sosialnya, Trump menegur komisioner NFL, Roger Goodell dengan keras dan beberapa kata-katanya pun menggunakan huruf besar dalam bentuk penegasan.

“Sudah saatnya Roger Goodell sang komisioner NFL, menuntut agar semua pemain BERDIRI untuk Lagu Kebangsaan Kebesaran kita-HORMATILAH NEGARAMU.” Begitulah sekiranya cuitan Presiden berusia 75 tahun tersebut.

Kemarahan Trump ditujukan kepada para pemain NFL yang memilih untuk berlutut saat lagu kebangsaan berkumandang di awal sebelum setiap pertandingan NFL bergulir. Para pemain melakukan hal tersebut untuk sebagai bentuk protes mengenai kesetaraan dan diskriminasi ras yang masih saja terjadi di Amerika Serikat yang tak sesuai dengan lirik lagu dari negara adi kuasa di dunia tersebut.

Akan tetapi menurut NFL dan NFLPA, pemain tidak dipaksakan untuk berdiri pada saat lagu kebangsaan Amerika Serikat berkumandang di stadion sebelum laga NFL bergulir.

“Saat ini tidak ada perubahan dalam kebijakan mengenai lagu kebangsaan.”

“Agenda selanjutnya lebih menitikberatkan bagaimana kelanjutan untuk membuat kemajuan dalam isu sosial yang telah disuarakan oleh pemain. Setiap orang yang merupakan bagian dari komunitas NFL memiliki rasa hormat yang luar biasa terhadap negara, bendera, lagu kebangsaan dan militer kita, dan kita bersama-sama menghadapi masalah ini secara sipil dan konstruktif.”

Begitulah bunyi pernyataan dari NFL dan NFLPA tersebut.

Menurut beberapa laporan, para pemilik klub NFL diimbau untuk mempertimbangkan perubahan peraturan yang akan membuat para pemain berdiri selama lagu kebangsaan menjadi hal yang wajib.

Para pemilik akan bertemu di New York pada Minggu depan dengan perwakilan dari serikat pemain untuk membahas protes kontroversi mengenai lagu kebangsaan tersebut.

-AH-

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *