Bekas Kiper Liverpool

Bekas Kiper Liverpool Nyaris Bunuh Diri

Bekas Kiper Liverpool Nyaris Bunuh Diri

Bekas penjaga gawang Liverpool, Chris Kirkland, mengaku sempat nyaris mengakhiri hidupnya sendiri karena dilanda depresi akibat cedera parah yang kemudian membuatnya terpaksa menyudahi karir sebagai pesepakbola.

Chris Kirkland yang kini sudah menginjak usia 36 tahun kala itu memang rajin tertimpa masalah cedera.

Beruntung, dia memiliki isteri dan anak yang selalu memberinya semangat, meski itu sempat tak berpengaruh hingga ia terpikir untuk melakukan tindak bunuh diri sebelum kemudian pensiun sebagai pemain pada musim kompetisi 2016/2017 kemarin, tak lama setelah bergabung dengan Bury FC.

“Saya terbayang dengan betapa dekatnya saya untuk menyudahi hidup. Itulah sebabnya mengapa saya berkata: ‘Saya harus berhenti bermain bola’,” ungkap Chris Kirkland kepada The Guardian.

“Ini mudah bagi saya untuk membicarakannya sekarang karena saya sudah melihat jalan keluar. Ini adalah hal penting ,dan saya ingin orang lain serta pemain lain untuk tahu bahwa yang mereka butuhkan hanya berbicara dengan yang lain,” jelas mantan kiper yang memperkuat The Reds pada periode 2001 hingga 2006 tersebut.

“Saya sebelumnya tidak mampu melihat jalan keluar sampai saya mulai berani membicarakannya. Selalu ada ketakutan. Namun seketika Anda mulai bicara, itulah ketika Anda mulai membantu diri sendiri dan keluarga Anda,” tegas dia.

Semasa aktif, Kirkland sebenarnya sempat digadang-gadang bakal menjadi salah satu penjaga gawang top di Inggris. Sayag, persoalan cedera membuatnya hanya mampu mencatatkan satu penampilan saja bersama Tim Nasional.

“Saya selalu bertanya-tanya, bakal seperti apa karir saya jika saya terbebas dari cedera. Karier saya mungkin saja lebih baik. Ketika orang menyebut nama Chris Kirkland, mereka bilang; ‘pemain yang selalu cedera’, bukan ‘Chris Kirkland; dia yang memenangkan Liga Champions’,” tuturnya, menyudahi.

Chris Kirkland memulai karir profesionalnya bersama Coventry City sebelum kemudian direkrut Liverpool pada tahun 2001 silam, dan bertahan di Anfield Stadium hingga tahun 2006. Setelah itu, pria kelahiran Barwell, Leicestershire, Inggris, ini bertualang ke banyak klub, sebut saja West Bromwich Albion, Wigan Athletic, Leicester City, Doncaster Rovers, Sheffield Wednesday serta Preston North End.

-SH-

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *